Rute Alternatif Ke Pulau Derawan dan Pulau Maratua di Berau Kalimantan Timur


Kami kabarkan sedikit keindahan yang mungkin dapat mewakili rasa keingin tahuan anda mengenai Pulau Maratua - dan Pulau   Derawan 

Jika anda pernah dengan pulau ini , letaknya di wilayah Berau Kalimantan Timur .
Rute yang dapat ditempuh ada dua alternatif ;

1. Via darat Tanjung Batu 
Jika dari luar daerah ,anda naik pesawat udara ke Bandara Kalimarau Berau , kemudian dilanjutkan ke Tanjung Batu , anda bisa menyewa mobil atau taxi langsung di bandara atau mencari alternatif yang lebih ekonomis yakni mencari rental mobil di sekitar kota Berau , tarif sewa mobil per 24 jam lepas kunci saat ini kisaran ( Rp. 350-400rb Avanza, dan Rp.500 Innova )  .
Jika anda menginginkan Sopir sekaligus tour Guide dapat di negosiasikan langsung .
Perjalanan darat dari Berau - Tanjung batu ditempuh lebih kurang 3 - 4 jam , setelah sampai ke Tanjung Batu anda bisa langsung parkir Mobil di Area parkiran Pelabuhan Tanjung Batu , 
dan tarif parkir dan jaga malam permalam kisaran Rp. 20 .000 , biasanya ada bapak petugas yang memang menjaga parkir kendaraan yang menginap di Tanjung Batu.
Di Pelabuhan Tanjungbatu ini banyak Speedboat reguler menuju Pulau Derawan dan Maratua.
- untuk tarif ke Pulau Derawan , biasanya satu speed muat 5 orang - 7 orang dengan tarif Rp. 100 rb per orang , atau bisa di negosiasi Rp. 500rb per satu speed .
- untuk tarif langsung ke Pulau Maratua  biasanya akan lebih mahal dua kali lipat, 

Sebaiknya kami sarankan anda berkunjung satu malam ke Pulau Derawan setelah itu baru besok pagi nya melanjutkan perjalanan ke P Maratua, Cukup dua hari dua malam anda dapat berlibur ke dua pulau ini 
Speed  penyeberangan dari Derawan ke P Maratua cukup banyak dan banyak pilihan .

2. Via laut dari Berau 
Alternatif lebih cepat anda bisa naik speed dari Berau , melalui Pelabuhan Teratai sudah ada speed reguler menuju Maratua dan P derawan . Biasanya Speed ini beroperasi 3 kali dalam seminggu ,
Tarif Speed Boat biasanya antara Rp.200 - 250 rb an , satu unit  speed kapasitas  sekitar 20 orang , menggunakan   mesin lumayan besar yakni 200 PK .
Jam keberangkatan speed ini biasanya  pagi sekitar Pukul 07.00- 09.00 WITA mengingat jika berangkat terlalu siang ditakutkan gelombang laut sudah muncul.
Speed ini biasanya menginap di Maratua atau derawan dan akan kembali lagi ke Berau keesokan harinya.
Sehingga cocok bagi anda yang memiliki waktu liburan yang pendek, 
menginap satu malam di P Maratua dan keesokan harinya bisa langsung kembali lagi ke Berau .

Di Pulau Maratua dan Derawan sendiri banyak tempat menginap seperti villa,cottage atau rumah singgah .
Jika anda menginginkan villa/cottage tarif per malam kisaran antara Rp.500 - 700 ribu, namun jika anda ingin lebih ekonomis bisa menginap di rumah singgah atau guess house milik penduduk setempat, sehingga anda dapat berbaur dengan masyarakat Derawan atau Maratua .
Tarif Rumah Singgah / Guess House biasanya berkisar antara Rp 100 - 200 ribu, cukup ekonomis bukan 

Villa Di Pulau derawan 
View bawah laut pantai Maratua 
Villa & Cottage di Pulau Derawan  

Sunset Di Pulau Maratua



Komentar