Pantai Watu Ulo Jember


Watu Ulo
Watu Ulo dalam bahasa jawa berarti Batu dan Ular
Sebuah pantai yang indah yang terletak di sebelah selatan kota Jember,tepatnya di kota kecil bernama Ambulu.Watu ulo ini menjadi tempat tujuan wisata favorit bagi masyarakat jember dan sekitarnya.
Konon Pantai ini memiliki legenda pada jaman dahulu.
Dari kisah kisah orang tua dapat kita peroleh berbagai macam Tentang seekor Naga Raksasa yang menjelma menjadi penunggu tanah pesisir selatan jawa ,ada yang menyatakan bahwa ular tersebut sangat besar,ekornya terletak di pesisir kota Banyuwangi yang ditandai dengan type ombak di wilayah ini yang cenderung menyabet (bhs jawa:seperti gerak ekor),sehingga dapat membahayakan bagi pengunjung di tepi pantai.
Kemudian badan ular tersebut berada di Watu Ulo ini sendiri,sehingga tipe ombak seperti menggulung,memang ombak di sini tergolong ganas sehingga daerah tersebut termasuk daerah terlarang bagi pengunjung pantai untuk berenang.
Dan kepala ular naga tersebut berada di kota Puger,sehingga tipe ombak di daerah ini cenderung mencaplok (bhs jawa:seperti mulut memakan).
Namun itu semua hanyalah legenda,boleh percaya boleh tidak sebab saya sendiri belum mendapatkan bukti bukti tentang kebenarannya.Yang pasti sebagian masyarakat tetap menganggap itu dahulu benar benar ada.
Terlepas dari itu semua yang pasti kawasan pantai Watu Ulo tetap menjadi Primadona bagi kaum muda di daerah ini.
Mungkin karena sudah menjadi maskot tujuan wisata sehingga jika dalam acara acara tertentu seperti tahun baru atau malam takbir menjelang idul fitri dan idhul adha pantai Watu Ulo selalu di padati pengunjung.
Pada saat musim air pasang,ombak pantai watu ulo cenderung ganas dan pihak pengelola melarang pengunjung untuk mandi di pantai.
MoreNiche Affiliate Program
Namun bagi pengunjung yang ingin berenang dapat bebas berenang di pantai pasir putih Tanjung Papuma yang terletak tidak jauh dari Pantai watu Ulo,hanya harus sedikit melanjutkan perjalanan menyusuri lereng gunung.
Dari Kota Jember anda bisa melanjutkan perjalanan darat menuju kota Ambulu selanjutnya langsung ke arah Watu Ulo,akses jalan ke tempat ini sangat bagus.

Tentang letak secara geografisnya anda bisa melihat di sini

Jember google satellite maps





Komentar